Pertama Kali ke Luar Negeri? Perhatikan 7 Hal Ini!

By Siti Shindy Revani - Juli 09, 2019


Di era digital ini membuat masyarakat jadi mudah mengakses informasi mengenai tempat wisata unggulan khas negara-negara tersebut.  Info tempat wisata itu biasanya didapatkan terutama dari media sosial dan film-film dari luar negeri. Terlebih karena pada saat ini sudah banyak travel yang menyediakan paket-paket destinasi ke luar negeri dengan harga yang terjangkau dan juga karena banyaknya tiket-tiket promo untuk destinasi ke luar negeri.

Oleh karena itu, aku ingin membagikan tips pengalaman aku mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali ke luar negeri. Sebenarnya hal-hal ini sangat mainstream dan itu-itu aja. Akan tetapi, aku hanya ingin sharing ke kalian bagaimana hal-hal dibawah ini berguna buat aku saat pertama kali ke luar negeri. 

Langsung aja kita mulai!




1. Menentukan dan Kenali Negara Tujuan









Untuk pergi liburan tentu saja kalian harus menentukan negara yang mau dikunjungi. Cari lah informasi sebanyak mungkin mengenai negara tersebut. Mulai dari musim dan cuaca di negara tersebut, norma yang berlaku di negara setempat dan juga destinasi wisata yang diminati. Hal itu dapat mempermudah kalian untuk menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi dan mempersiapkan budget untuk ke negara tujuan. Setelah hal itu dilakukan maka kalian wajib membuat daftar list tempat yang mau dikunjungi dari hari pertama sampai hari terakhir. Ini dilakukan untuk mempermudah kalian saat berada di negara tersebut. 


2. Mempersiapkan Budget 



Hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah budget. Mempersiapkan budget akan memudahkan kita untuk membuat daftar budget yang diperlukan, dimulai dari pengurusan paspor dan visa, pembelian tiket, penginapan, biaya transportasi selama di negara tujuan, biaya makan, hingga biaya cadangan yang digunakan untuk hal yang tak terduga. Jika hal ini dilakukan makan kita tidak mengalami kesulitan saat mengurusnya. 


3. Wajib Mempunyai Paspor dan Visa 









Untuk berpergian ke luar negeri kita memerlukan paspor sebagai tanda identitas kita saat berada di luar negeri. Untuk yang belum mempunyai paspor maka dapat di urus di Kantor Imigrasi di kota kalian. Pengurusan paspor ini tidak rumit dan berbelit-belit. Hanya saja kalian perlu meluangkan waktu untuk mengurus paspor dikarenakan butuh waktu seharian untuk mengurusnya. Dan syarat-syarat bisa dicek di situs resmi Kantor Imigrasi. Pastikan kalian melengkapi berkas-berkas syarat pembuatan paspor agar ketika mengurus paspor tidak membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Untuk visa sendiri diurus ketika paspor sudah berada ditangan kalian. Visa liburan harus diurus tergantung dari destinasi negara yang mau dikunjungi.  Jika kalian ingin mengunjungi negara-negara ASEAN maka kalian tidak perlu mengurus visa. Ini dikarenakan sesama negara ASEAN bebas visa untuk liburan dengan catatan 30 hari. Tetapi jika kalian ingin mengunjungi negara diluar ASEAN maka kalian perlu mengurus visa di Konsulat/Duta Besar negara tersebut. Tentu saja untuk syarat dan ketentuan dalam pembuatan visa berbeda disetiap negara. Jadi jangan lupa searching di internet bagaimana syarat dan ketentuannya. 



4. Booking Tiket dan Penginapan


Setelah melakukan hal diatas, maka selanjutnya adalah booking tiket dan penginapan. Tentunya kalian harus mencari tiket dan peningapan dengan harga termurah atau sesuai dengan budget yang kalian punya. Kalian harus searching sedetail mungkin mengenai harga tiket dan penginapan. Jangan lupa beli tiket pulang sekalian, hal ini akan mempermudah kalian saat mengurus visa dan saat diwawancarai dengan imigrasi setempat.

Penginapan sendiri harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Pilihlah tempat yang dekat dengan fasilitas publik agar saat berpergian tidak mengalami kesulitan untuk naik dengan transportasi umum. Sangat disarankan untuk memesan penginapan secara online untuk memudahkan kalian saat berada disana. Jika tidak sempat memesan secara online, maka harus membeli penginapan di counter-counter jasa penginapan yang berada di bandara setempat. Tentu saja harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal.




5. Tukarkan Uang Ke Money Changer


Untuk berada di negara tujuan tentunya kita memperlukan uang. Oleh karena itu, sebaiknya tukarkan uang yang sudah kalian siapkan ke money changer sesuai dengan mata uang negara tujuan. Tips tambahan dari saya selain menukarkan uang ke mata uang negara tujuan, kalian juga perlu menukarkan uang kalian ke dollar amerika (USD) untuk uang cadangan kalian. Karena dollar amerika lebih gampang ditukar di negara manapun dibanding dengan mata uang lainnya. 


6. Mempersiapkan Barang yang Akan Dibawa


Dalam berpergian diperlukan untuk mempersiapkan barang yang akan dibawa. Untuk pakaian sendiri sesuaikan dengan negara tujuan terutama jika yang dikunjungi adalah negara 4 musim, maka kalian perlu searching rentang cuaca negara tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak salah kostum ketika di negara tersebut dan mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk perlengkapan tambahan cukup bawa versi yang sekali buang ataupun versi travel size saja. Jangan lupa bawa obat-obatan (tanpa resep dokter) untuk berjaga-jaga, bawanya secukupnya saja. Kalau membawa makanan disarankan untuk membawa makanan instan yang kering. Ini dilakukan untuk mencegah makan tumpah saat diperjalanan.

Perlu diingat bahwa bawalah barang seperlunya dan secukupnya saja. Ini dilakukan agar tidak membuang-buang muatan bawaan kalian, kalau perlu sisakan setengah space kosong untuk barang-barang yang dibeli dinegara tersebut.

Untuk akses internet selama disana sebaiknya dibeli jauh-jauh hari untuk mempermudah kalian. Paket internet untuk di luar negeri bisa membeli wifi rooter (wifi yang bisa sharing) dan paket roaming dari provider Indonesia. Kalau tidak sempat maka bisa beli provider internet di negara tersebut.  


7. Ketika Dihari Keberangkatan


Setelah mempersiapkan ke-enam hal diatas, maka hanya menunggu hari H saja. Ketika hari H pastikan dokumen-dokumen penting dibawa seperti paspor, tiket, dompet, hp dan lain-lain tidak tertinggal. Untuk catatan, ketika berada di luar negeri jangan sesekali memotret suasana di imigrasi dan jawablah pertanyaan dari imigrasi setempat dengan tidak bertele-tele dan jawab yang jelas. Kalau tidak, bisa-bisa kalian ditahan pihak imigrasi selama berjam-jam.

Nah setelah ke-tujuh hal diatas, apakah kalian berminat berwisata ke luar negeri?

  • Share:

You Might Also Like

0 comments