Cara Membuat Dalgona Coffee Anti Gagal

By Siti Shindy Revani - Juni 10, 2020

Hello, welcome back to the blog!

Selama kita social distancing #covid19 ini kita cenderung lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Ada yang mengisinya dengan quality time bersama keluarga, nonton film atau drakor (termasuk aku), belajar memasak dan ada juga yang work from home (wfh) atau study from home (sfh). Karena social distancing #covid19 banyak yang mendadak belajar masak dan biasanya belajar masaknya dari youtube.

Nah salah satu minuman yang paling banyak di re-create oleh orang-orang selama stay at home ini adalah Dalgona Coffee. Di youtube sendiri banyak sekali tutorialnya mulai dari cara yang manual hingga yang memakai mixer. Pasti kalian penasaran kan apa sebenarnya Dalgona Coffee ? Kenapa minuman ini bisa hype banget di kalangan netizen baik dari netizen +62 maupun netizen luar negeri.

Apa itu Dalgona Coffee?

Dalgona coffee adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Campuran itu kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas (Wikipedia)

Bagaimana Sejarah Asal-Usul Dalgona Coffee?

Sebenarnya konsep dalgona coffee sudah ada sejak dulu. Dikutip dari Los Angeles Times di India, Pakistan dan Macao, dalgona coffee dikenal juga sebagai whipped coffee.

Di Korea Selatan sendiri Dalgona Coffee sendiri awalnya muncul disebuah acara TV di Korea pada Januari 2020. Pada acara tersebut, aktor Korea Selatan Jung Il-Woo mencoba minuman ini pada saat pergi ke Macau. Kemudian minuman ini menjadi populer bahkan di Instagram dan tiktok sendiri sudah banyak yang mengupload minuman dalgona coffee ini.

Alasan minuman ini dinamakan dalgona coffee karena dalgona merupakan jajanan permen asal Korea Selatan yang dikenal dengan Ppopgi (๋ฝ‘๊ธฐ) dan sudah dikenal sejak tahun 1970. Karena teksturnya yang sangat mirip dengan permen tersebut makanya dijuluki dengan dalgona.

Kenapa minuman ini begitu banyak orang yang re-create? Mungkin karena social distancing #covid19 serta seringnya dalgona coffee di social media membuat orang-orang ingin membuatnya yah hitung-hitung buat nambah skill masak. Dari sekian banyak tutorial dalgona coffee di youtube, akhirnya aku berhasil membuat minuman yang hype pada masa social distancing #covid19.  Tutorial video nya sendiri sebenarnya aku sudah upload di igtv di Instagram journal fotoku @shindyrvnphoto.

Tetapi aku bakalan jelasin tutorialnya lebih rinci disini, jadi baca sampai habis ya hehehe. Untuk tutorial pertama dalgona coffee ini untungnya aku berhasil membuatnya. Kalau dari segi rasanya sih menurutku enak banget, rasanya sedikit lebih ringan daripada minuman kopi olahan pada umumnya dan juga kalau kalian sudah pernah merasakan kopi susu nah rasanya seperti itu apabila foam kopi dan susunya sudah diaduk.

Untuk membuat dalgona coffee ini kalian perlu mempersiapkan bahan-bahan dibawah ini dan akan aku jelaskan sedikit kenapa kalian harus mempersiapkan bahan-bahan ini. Tujuan aku memberikan sedikit tips ini adalah agar kalian berhasil membuat dalgona coffee dalam sekali buat. Jadi kalian tidak akan sia-sia membuatnya karena banyak juga orang-orang yang gagal membuat minuman yang satu ini.

Bahan-bahan untuk membuat dalgona coffee sendiri tidak sulit untuk didapatkan, kalian bisa mendapatkannya di minimarket atau supermarket terdekat.

Bahan-bahan dalgona coffee:

1. Nescafe classic (merk kopi instan bebas yang penting kopi tanpa bahan campuran seperti gula, susu serta krimer)

Penting untuk menggunakan tidak menggunakan kopi yang sudah mengandung gula,susu serta krimer. Kenapa begitu? Karena untuk membuat foam kopi nya sendiri harus menggunakan kopi tanpa campuran kalau tidak foamnya tidak bakalan jadi. Selain itu, ternyata kopi instan sendiri ada emulsi (zat yang dibuat dengan menambahkan 2 cairan yang tidak bisa digabungkan antara satu sama lain (sumber: brainly.co.id)) sehingga menjadi stabil dan inilah kenapa kopi instan bisa membuat foam dalgona sendiri dapat mengembang dengan baik. 

Disini aku menggunakan nescafe classic karena pertama kebetulan kopi yang ada di rumah cuman ini aja dan yang kedua karena nescafe classic sendiri merupakan kopi asli (tanpa campuran apapun) serta merek ini lah yang banyak digunakan di tutorial dalgona coffee di youtube. Sebenarnya kalian bisa menggunakan merek kopi apapun ya asal kopi yang akan digunakan adalah kopi asli (tanpa campuran apapun).

2. Air dingin

Mungkin dari kalian merasa kenapa harus pakai air dingin? Padahal banyak tutorial yang menjelaskan kalau pakai air biasa (tidak dingin dan tidak panas) ataupun air panas sudah cukup untuk membuat dalgona coffee itu sendiri.

Disini kenapa aku menggunakan air dingin? karena ketika aku menonton tutorial dalgona coffee yang dibuat oleh dr. Ray Leonard Judijanto di youtube, ia menjelaskan kenapa harus menggunakan air dingin sebagai campuran untuk membuat foam kopi nya. Alasannya adalah gerakan partikel air dingin sendiri lebih pelan apabila dibandingkan dengan gerakan partikel air panas yang lebih cepat. Untuk membuat emulsi nya menjadi stabil dibutuhkan gerakan partikel yang pelan/lambat dan hal itu terdapat pada air dingin. Penjelasannya menurutku sangat logis sekali karena hal itu membuatku ingat dengan pelajaran fisika pada waktu sekolah dulu sehingga aku tahu mengapa lebih tepat menggunakan air dingin untuk membuat foamnya. 

3. Susu full cream

Disini kalian bisa pakai susu full cream cair yang biasa kalian temukan di minimarket atau supermarket terdekat. Untuk mereknya bebas ya guys yang penting susu full cream. Kalau yang cair kalian bisa beli yang 200ml atau 250ml karena kedua isi kemasan susu full cream cair tersebut sudah cukup untuk membuat satu gelas dalgona coffee.

Nah aku disini menggunakan susu full cream bubuk merek dancow karena lagi-lagi aku malas kali buat keluar rumah cuman buat beli yang versi cair dan kebetulan yang ada dirumah cuman dancow yang ini aja, jadi ku pakai aja hehehe.

For your information, susu full cream biasanya digunakan dalam bahan campuran berbagai jenis minuman karena rasa susu full cream sendiri rasanya ringan dan gurih sehingga cocok sebagai bahan campuran berbagai jenis minuman.

4. Gula

Yang terakhir kalian butuhkan untuk membuat dalgona coffee adalah gula. Gulanya pakai apa aja bisa kok, yang penting gula ya guys.


Cara membuat dalgona coffee:

1.    Pertama, masukkan 2 sendok makan kopi, 2 sendok makan gula dan  2 sendok makan air dingin ke dalam mangkuk. Komposisi masing – masing bahan harus 1:1:1 agar dapat membentuk foam dalgona coffee.


2. Kedua, aduk 3 bahan yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk. Disini aku menggunakan penggaduk manual yang biasanya digunakan untuk mengaduk kue. Aduklah 3 bahan tersebut hingga menjadi foam. Kalau mengaduk dengan alat manual sih butuh waktu 5-15 menit bahkan lebih dan pakai mixer bisa lebih cepat, 2-3 menit saja sudah jadi foamnya. 


3.    Akhirnya foam dalgona coffee sudah jadi seperti gambar yang dibawah ini. Ternyata ketika mengaduknya aku hanya butuh 8 menit agar foamnya jadi. Kuncinya adalah penggunaan air dingin. Air dingin ternyata mampu mempercepat proses pembuatan foam nya itu sendiri. Kalau pakai air biasa atau air panas mungkin bisa lebih lama lagi buat foamnya bahkan gagal๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

4. Terakhir siapkan segelas susu full cream dan tuangkan foam kopi yang dibuat ke dalam gelas yang berisi susu full cream. Jika mau yang dingin, kalian bisa menambahkan es batu ya guys. Dan dalgona coffee siap untuk diminum!

 

Demikian penjelasan cara membuat dalgona coffee. Mudah kan membuatnya? Semoga tulisan ini mampu menjawab rasa penasaran kalian gimana cara membuat dalgona coffee serta membuat kalian ngerti gimana cara membuat dalgona coffee anti gagal. Minuman dalgona coffee ini cocok diminum ketika panas terik dan rasanya udah kayak kopi yang dijual di coffee shop pokoknya.

Happy reading and let’s try this hype drink people!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments