Cara Menikmati Kopi yang Aman untuk Penderita Maag

By Siti Shindy Revani - Juni 06, 2020



Hello, welcome back to the blog 😊

Kali ini aku akan membahas bagaimana cara menikmati kopi untuk penderita maag yang aman tanpa harus kambuh maagnya. Karena aku sendiri sebenarnya itu coffee addicted tapi punya riwayat maag sehingga aku harus mengatur dan mengetahui baik dari jam waktu minum, cara penyajiannya maupun jenis kopi yang dikonsumsi. Karena kalau salah sedikit maka maag ini bisa kambuh. Oleh karena itu, aku mencari cara bagaimana aku bisa menikmati secangkir kopi tanpa membuat maag aku kambuh dan aku sudah menerapkan cara-cara menikmati kopi yang aman untuk penderita maag yang akan aku bahas dibawah ini. 

Seperti yang kita ketahui pada umumnya seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag selalu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman kafein tersebut adalah kopi. Pada dasarnya kopi akan membuat penyakit maag kambuh. Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai kerongkongan seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD).

Kopi yang bahkan mengandung kafein rendah (dekafein) juga telah terbukti mengandung asam. Oleh karena itu, ketika seseorang yang memiliki riwayat asam lambung mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong akan menyebabkan meningkatnya asam pada perut sehingga menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Hal ini disebabkan oleh asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan akan terasa panas dan terbakar, kondisi ini disebut heartburn. 

Tetapi bagaimana dengan seorang coffee lovers memiliki riwayat penyakit maag? Apakah ia sama sekali tidak boleh mengonsumsi kopi? Atau ia harus mencari cara yang pas agar tetap bisa mengonsumsi secangkir kopi tanpa mengurangi sensasi kopi itu sendiri?. Tentu hal ini tidak akan mudah termasuk aku sendiri. Untuk aku pribadi ketika aku ingin mengonsumsi kopi, aku harus memperhatikan hal-hal dibawah ini agar tetap bisa menikmati kopi tanpa membuat maag aku jadi kambuh. Kalau tidak, bisa-bisa maag aku ini bakalan kambuh dan itu lumayan menyiksa saudara-saudara😭


1. Pemilihan jenis kopi yang akan konsumsi


Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis kopi yang akan dikonsumsi. Tidak semua kopi ketika disajikan memakai jenis yang sama. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kopi yang memiliki kafein yang sedikit dan memiliki rasa yang tidak begitu asam. Kenapa begitu? Karena seperti yang aku bilang tadi kalau untuk penderita maag sangat perlu untuk memperhatikan apakah kopi yang akan kita konsumsi memiliki komposisi kafein dan asam yang tinggi atau tidak.

Nah salah satu jenis kopi yang memiliki kafein yang lebih sedikit dari jenis kopi yang lainnya adalah Kopi Arabica. Kopi Arabica sendiri memiliki kandungan kafein yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan Kopi Robusta. Kandungan kafein pada Kopi Arabica hanya sekitar 1,2% dibanding Kopi Robusta yang kafeinnya mencapai 2,2%. Untuk cita rasa dari Kopi Arabica sendiri memiliki rasa yang sedikit manis dan lembut. Kandungan kafein dan acidity yang lebih rendah pada Kopi Arabica ini membuat kopi jenis yang satu ini masih aman dikonsumsi oleh penderita maag. 

2. Cara penyeduhan kopi 


Next yang perlu diperhatikan untuk mengonsumsi kopi yang aman bagi penderita maag adalah cara penyeduhan kopi. Kopi yang diseduh secara manual (manual brew) pada umumnya menggunakan filter untuk menyaring kopi. Filter yang digunakan menjadi 'penyeleksi' karakter - karakter baik dai kopi dimana akan membuat cita rasa kopi menjadi keluar serta menjadi lebih ringan karena proses dari ekstrasi yang rata-rata hanya sekitar 2-3 menit. Selain itu, metode ini juga dipercaya bisa membuat kopi lebih ringan untuk dikonsumsi bagi penderita maag. 

3. Minum kopi dengan tambahan susu


Cara yang satu ini sering menjadi pilihanku untuk mengonsumsi secangkir kopi. Alasannya karena aku berfikir jika kopi yang dicampur dengan susu maka rasa kopi menjadi lebih ringan sehingga lebih aman dikonsumsi. Ternyata minum kopi dengan tambahan susu ini dapat menjadi alternatif yang aman bagi penderita maag untuk mengonsumsi kopi.

Dengan catatan, pilihlah susu rendah lemah (susu skim) dan pastikan kalau kalian tidak mempunyai riwayat alergi dengan susu sapi, kalau pun punya kalian bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Mungkin dari segi rasa akan berbeda jauh tetapi dari pada kalian harus menanggung alergi yang kumat lebih baik kita cari cara yang aman bukan?

Kandungan lemak tinggi dalam susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

4. Memperhatikan porsi kopi yang akan dikonsumsi


Nah ini dia hal yang penting kalian perhatikan ketika akan mengonsumsi kopi yaitu porsi kopi itu sendiri. Untuk seorang penderita maag hal ini sangat perlu diperhatikan dan sebaiknya membatasi porsi kopi yang akan dikonsumsi. Pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk mengonsumsi kopi maksimal hanya 1 cangkir dalam sehari. Jika mengonsumsi kopi lebih dari 1 cangkir maka yang dikhawatirkan adalah asam lambung akan naik sehingga akan menyebabkan maag menjadi kambuh. Untuk tips ketika mengonsumsi kopi sebaiknya pilihlah ukuran cangkir yang kecil agar mencegah kenaikan asam lambung setelah mengonsumsinya. 

5. Memperhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi


Hal terakhir yang perlu kalian perhatikan adalah mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi. Hal ini juga aku terapkan ketika aku ingin mengonsumsi secangkir kopi. Nah dari aku sendiri sebaiknya kalau ingin mengonsumsi kopi wajib mengisi perut dengan makanan terlebih dahulu agar tidak mengonsumi kopi dalam keadaan perut kosong. Jika kalian mengonsumsi kopi dalam perut kosong maka yang akan terjadi adalah asam lambung akan kambuh.

Waktu ideal untuk meminum secangkir kopi sebaiknya dilakukan 1 jam setelah makan dan jangan lupa minum air putih setelah minum kopi agar menetralisir kafein yang kita konsumsi. 


Demikian penjelasan cara menikmati kopi yang aman untuk penderita maag. Perlu diingat bahwa cara yang aku jelaskan tadi memang dipercaya dapat meminimalisir terjadinya meningkatnya asam lambung. Dan jangan pernah mengonsumsi kopi secara berlebihan setiap hari nya karena akan membahayakan seseorang yang memiliki riwayat maag.

Semoga cara yang sudah dijelaskan tadi mampu membantu kalian yang suka dengan kopi tetapi punya riwayat maag untuk mengonsumsi secangkir kopi tanpa membuat asam lambung menjadi kambuh.

Happy reading and let's take a cup of coffee, coffeelovers!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments