Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Beruntusan di Wajah

By Siti Shindy Revani - Juni 11, 2022

Hello welcome back to the blog!

Beruntusan sering kali dianggap sebagai masalah kulit yang susah dihilangkan. Berbagai cara sudah dilakukan dan menyoba berbagai produk tetapi beruntusan tak kunjung. Begitu juga denganku. Sebenarnya kulit wajah yang sekarang tidak separah waktu jaman SMA sih tapi tetap aja ganggu😠 Oleh karena itu, aku sering baca thread cara menghilangkan beruntusan di twitter dan liat di tiktok juga tentunya. Sampe akhirnya aku menemukan produk skincare yang bisa membuat beruntusanku jauh berkurang walaupun prosesnya lama tapi lebih mendingan dibanding sebelumnya.

Nah kali ini aku bakal share rangkaian skincare yang aku pakai untuk menghilangkan beruntusan di wajah. Skincare ini cocok - cocok kan ya guys, cocok di aku belum tentu kalian juga cocok begitu juga sebaliknya. Untuk menemukan produk skincare yang pas butuh trial dan error serta harus research dulu sampai akhirnya menemukan produk yang cocok untuk aku. 

Aku akan menjelaskan untuk morning skincare routine dan night skincare routine nya dibawah ini:

A. Morning Skincare Routine

    Untuk di pagi hari biasanya aku pakai skincare yang lebih simple karena aku gak terlalu suka jika pagi hari pakai skincare yang terlalu banyak. 

1. Facial Wash

    Pertama aku pakai facial wash terlebih dahulu. Untuk facial wash kalian bisa pakai merek apa saja sesuai dengan kondisi kulit kalian. Kalau aku sekarang pakai garnier pure active anti-acne white foam facial cleanser karena pas mau beli garnier yang pure active matcha foam yang biasa aku pakai lagi gak ada stoknya jadinya aku beli varian yang pure active anti acne white foam facial cleanser. Facial wash ini bentuknya foam ya dan punya klaim yang cocok kulit berjerawat dan berminyak. Memang pakai facial wash ini minyak serta jerawat di wajah berkurang tetapi menurut aku agak kering di kulit jadi setelah ini harus pakai toner serta moisturizer.

2. Toner

        Setelah aku pakai facial wash selanjutnya aku pakai toner untuk mengembalikan keseimbangan PH pada kulit setelah mencuci muka. Untuk tonernya sendiri aku pakai Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion. Menurut aku toner ini cocok banget untuk yang kulitnya oily acne - prone. Teksturnya yang bagaikan air membuatnya cocok digunakan sebagai morning skincare routine. Selain itu, toner ini juga gak ada wewangian jadi cocok untuk kulit yang sensitif sama wewangian. Meskipun tonernya ringan bagainkan air tetapi toner ini cukup melembabkan kulitku yang oily ini. Tetapi kalo yang punya kulit yang kering kalian bisa menggunakan varian Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion (yang stripnya warna orange).

3. Moisturizer

    Setelah pakai toner dan tonernya sudah menyatu ke kulit kemudian aku pakai moisturizer. Untuk moisturizer kalian bisa pakai moisturizer apa aja yang kalian punya asal cocok di kulit. Kalo aku sekarang lagi pakai Citra Fresh Glow Multifunction Gel Aloe Bright UV. Teksturnya gel sehingga cepat menyerap di kulit akan tetapi moisturizer ini masih ada wewangiannya. Jadi kalau kulit kalian yang sensitif sama wewangian tolong hati - hati. Kalau di aku moisturizer ini hanya berfungsi melembabkan saja.

4. Sunscreen

    

     Nah yang terakhir adalah pakai sunscreen. Sunscreen sangat penting untuk memproteksi kulit dari sinar UV yang jahat. Oleh karena itu, untuk morning skincare routine aku biasanya aku pakai sunscreen sebagai step terakhir dari morning skincare routine aku. Kalian bisa pakai sunscreen apa saja yang kalian punya tetapi untuk kalian yang aktivitasnya di outdoor sebaiknya pilih sunscreen yang spf nya tinggi. Aku disini pakai sunscreen yang lagi viral dan banyak di omongin orang yaitu Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45+++. Teksturnya gel sehingga menyerap di kulit dan hasilnya matte. Sunscreen ini cocok banget di kulit aku yang oily. Selain itu, sunscreen ini tidak ada whitecast dan tidak membuat wajahku menjadi breakout.

Nah itu untuk morning skincare routine, kalau night skincare routine beda lagi dan lebih banyak produk yang dipakai. 

B. Night Skincare Routine 

    Jika di pagi hari aku biasanya pakai skincare yang simple, maka untuk di malam hari biasanya skincare routine aku agak banyak step by step nya karena produk yang aku pakai di malam hari memang teksturnya cocok untuk di malam hari walaupun beberapa produk bisa dipakai di pagi hari. 

1. Cleansing

    Setelah lelah beraktivitas seharian kita harus melakukan step cleansing untuk membersihkan debu serta sisa make up yang ada di wajah. Untuk cleansing sendiri kalian bisa pakai cleansing balm atau micellar water ataupun kombinasi antara cleansing balm dengan micellar water. Nah aku disini cleansing dengan micellar water. Micellar water yang kupakai Garnier Micellar Water for Oily, Acne - Prone Skin (warna biru). Micellar water ini aku pakai udah dari jaman kuliah sampe sekarang. Aku udah coba berbagai micellar water tetapi tetap aja balik lagi ke garnier. Produk ini mampu membersihkan wajah dari debu dan make up. Selain itu, micellar water ini tidak menimbulkan break out sama sekali dan gak ada wewangiannya. Entah berapa botol sudah ku repurchase untuk micellar water garnier yang satu ini.  

2. Facial Wash

    Setelah cleansing selanjutnya aku cuci muka seperti biasanya. Facial wash yang ku pakai di malam hari sama dengan yang ku pakai di pagi hari. 

3. Toner

 

    Untuk toner biasanya aku pakai Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion. Jika gak lagi pakai exfo toner biasanya setelah cuci muka aku langsung pakai toner ini aja, tetapi jika lagi exfo toner maka aku pakai toner ini setelah exfo toner sebagai hydrating toner dan biasanya setelah exfo toner aku pakai toner ini dua kali karena aku butuh kulit yang lebih lembab setelah exfo toner dimana exfo toner ini bisa membuat kulit menjadi kering. 

4. Exfoliating Toner

    Jika aku lagi exfoliating wajah, maka aku pakai Avoskin Miraculous Refining Toner. Biasanya aku exfoliating wajah 2 kali dalam seminggu. Toner ini merupakan salah satu produk andalan dari Avoskin loh guys. Toner ini mengandung AHA, BHA, PHA, PGA, Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel dan Aloe Vera. Toner ini cocok banget bagi pemula yang mau coba exfoliating toner karena kandungannya yang masih gentle di kulit. 

    Fungsi dari Avoskin Miraculous Refining Toner ini sebagai berikut:

    - Mengangkat sisa kotoran di wajah dengan maksimal

    - Mengeksfoliasi kulit

    - Membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit

    - Membantu menyamarkan noda hitam di wajah

    - Membantu pori - pori tampak lebih kecil

    - Membantu melembabkan dan menghaluskan tekstur kulit

Efek yang aku rasa ketika pakai toner ini pada 2 - 4 minggu pertama langsung purging dimana ini merupakan  proses penyesuaian kulit di mana sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru atau semacam regenerasi kulit atau detoks. Pada proses ini, sebelum kulit baru muncul ke permukaan, biasanya kulit akan cenderung kering atau muncul minyak berlebih. Setelah itu, wajah ku sedikit demi sedikit beruntusannya jauh lebih berkurang apabila dibanding sebelum mengenal exfoliating toner. Kulit wajah pun sedikit demi sedikit warnanya bisa lebih merata. Tapi yang perlu kalian ingat setelah exfoliating toner keesokkan harinya jangan lupa pakai sunscreen karena kulit setelah exfoliating itu jadi lebih sensitif. Setelah exfoliating toner langsung pakai hydrating toner agar kulit kalian kembali lembab dan juga mengurangi iritasi pasca exfoliating toner.

5. Serum 

    Setelah step toner baik hydrating toner maupun exfoliating toner, tahap selanjutnya adalah pemakaian serum. Pemakaian serum sendiri berfungsi untuk mengatasi segala permasalahan kulit. Serum yang digunakan tergantung kondisi dan permasalahan pada kulit kalian. Jadi kalian harus tau serum apa yang kalian butuhkan untuk mengatasi permasalahan kulit kalian. Misalnya, kalau kulit kalian lagi beruntusan maka carilah serum yang bisa mengatasi beruntusan. Nah aku disini memakai 2 produk serum yang mempunyai klaim untuk mengatasi beruntusan pada kulit yaitu:

    - Somethinc Resurrect Multibiome Serum

          Serum ini bertindak sebagai solusi bagi kulit yang yang mengalami breakout dengan menyeimbangkan mikrobiota kulit sehingga mencegah permasalahan kulit akibat ketidakseimbangan skin mikrobiota (https://somethinc.com/id/product/detail/resurrect-multibiome-serum). Serum ini diperuntukkan bagi kulit bermasalah (breakout), kulit kasar serta skin barrier yang rusak.

    Manfaat Somethinc Resurrect Multibiome Serum sebagai berikut:

    - Membantu mengurangi beruntusan

    - Mengurangi jerawat pada wajah

    - Meredakan kulit sensitif

    - Menutrisi dan menghaluskan kulit, soft & smooth skin

Serum ini mempunyai tekstur yang sedikit tebal menurutku dan juga ada sedikit aroma nya yang sedikit aneh. Meskipun begitu, serum ini termasuk cepat menyerap di kulit. Sebenarnya serum ini diklaim bisa dipakai di pagi dan malam hari, namun aku hanya pakai di malam hari karena menurut aku serum ini agak berat di wajahku kalau dipakai di pagi hari. Ketika serum ini dipakai kulit jadi terasa lebih lembab dan beruntusan yang ada di kulit pun berkurang dan di pagi harinya kulit terasa lebih kenyal. Memang sesuai dengan klaimnya, serum ini bisa membantu untuk mengurangi beruntusan.

       Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil

        Serum ini merupakan serum yang menjadi alternatif retinol dari bahan natural & vegan yang memiliki kemampuan merawat jerawat sehingga cocok digunakan untuk seluruh jenis kulit bahkan direkomendasikan untuk kulit berminyak. Selain itu juga mampu menstimulasi pembentukan collagen & memperbaiki tekstur kulit dengan efek samping yang lebih rendah dari retinol.

    Manfaat Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil:

    - Membantu perawatan jerawat

   - Merangsang produksi kolagen

    - Memperbaiki Skin Barrier

    - Membantu memperbaiki tekstur kulit dengan efek samping lebih rendah dari retinol

Pada awalnya aku pesimis dengan serum ini karena teksturnya yang oil banget sehingga takutnya serum ini gak cocok untuk kulit oily acne - prone kayak aku. Namun aku salah, diluar dugaanku serum ini ternyata cocok banget untuk kulit oily acne - prone dan mampu mengatasi beruntusan dan jerawat juga. Selain itu, karena teksturnya yang oily maka serum ini cocok untuk setelah exfo toner karena mampu menghidrasi pasca exfo toner. Aku biasanya pakai serum ini sebagai step terakhir dari per-serum-an. 

6. Moisturizer

        Setelah rangkaian serum maka pakai moisturizer. Moisturizer sendiri pada malam hari berfungsi untuk menghidrasi serta mengunci kelembaban kulit setelah melakukan step by step night skincare routine. 

6. Obat totol jerawat

    Sebenarnya ini step optional untuk aku. Karena aku pakai obat totol jerawat jika ada jerawat saja. Kalian bisa memakai obat totol jerawat yang kalian punya. Disini aku pakai ada 2 obat totol jerawat yaitu Medi-Klin dan Tea Tree Oil The Body Shop. Aku pakai kedua obat totol ini berdasarkan jerawatnya. Untuk jerawat pendam dan jerawat yang baru muncul aku pakai medi-klin dan untuk jerawat kecil aku pakai tea tree oil ini. Perlu diingat medi-klin ini termasuk obat keras jadi kalian belinya pakai resep dokter ya dan gak bisa dipakai setiap harinya. Aku pakai kedua obat totol ini tidak setiap harinya. Jika jerawatnya sudah tidak ada maka aku tidak perlu memakainya

Setelah aku melakukan rangkaian skincare ini, hasilnya kulitku yang beruntusannya sedikit demi sedikit jauh berkurang walau pada awalnya wajahku harus purging dulu 2 - 4 minggu dan untuk menghilangkan beruntusan 100% harus ekstra sabar apalagi kalau ingin sekalian tekstur wajah jadi lebih halus. Foto dibawah ini dalam waktu kurang lebih 1 bulan beruntusannya sudah jauh berkurang tapi kemerahannya masih ada jadi butuh lebih lama lagi agar mulus secara sempurna. Hasilnya bisa kalian lihat dibawah ini

Aku senang akhirnya beruntusan ini bisa berkurang sedikit demi sedikit walau belum sempurna tapi ini jauh lebih baik dibanding sebelum kenal exfo toner. Kunci dari mengurangi beruntusan ini adalah exfolating toner dan serum tapi impact yang paling ngaruh adalah exfoliating toner.

Perlu diingat bahwa untuk menghilangkan beruntusan, jerawat dan bekas jerawat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Proses waktunya tergantung dari kulit wajah orang tersebut ada yang 1 bulan semuanya hilang ada juga yang membutuhkan 2 - 3 bulan lamanya bahkan sampe 1 tahun. Selain itu, butuh trial dan error dalam mencoba produk, harus memilah makanan dan minuman yang menjadi pemicunya serta harus memperhatikan entah itu air yang digunakan untuk membilas wajah ataupun sarung bantal yang kita pakai.

Demikian artikel ini sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk menghilangkan beruntusannya. 

Happy reading! 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments