5 Rekomendasi Kopi Susu Gula Aren Terenak versi aku

By Siti Shindy Revani - Juli 20, 2022

 


Hello guys, welcome back to the blog.

How’s your day?

Nah, kali ini aku bakal review 5 kopi susu gula aren terenak versi aku. Seperti yang kalian tau bahwa kopi susu yang satu ini trending pada tahun 2019 kemarin. Tetapi kopi susu ini dari 2019 sampai sekarang (2022) peminatnya tidak berkurang. Seperti yang kita tau bahwa biasanya makanan yang viral dan trending seringkali ujung – ujungnya menghilang seiring dengan berjalannya waktu seperti es milo kepal dan kue-kue artis. Es kopi susu gula aren tidak pernah sepi peminat karena rasanya yang segar, legit dan enak membuat orang-orang menyukai menu ini terutama bagi coffee lovers. Kopi susu gula aren terbuat dari es, kopi, susu, krimer dan gula aren. Tidak heran kalau banyak sekali coffee shop yang menjajakan menu ini. 

Aku tau kalau sekarang sudah semakin banyak coffee shop yang menjual menu ini di kedainya. Ada banyak sekali kopi susu gula aren yang beredar akan tetapi dari aku hanya menyebutkan 5 es kopi susu gula aren saja. Meskipun begitu, tidak mengurangi reviewku terhadap kopi susu kekinian ini. 

Nah kali ini aku bakal review 5 es kopi susu gula aren yang terenak versi aku. Es kopi susu gula aren bisa kalian order di go-food, grabfood dan shopeefood ya guys hehehe😁


1. FamilyMart


Minimarket asal Jepang ini selain menjual makanan dan kebutuhan sehari-hari, mereka juga menjual berbagai minuman loh dengan harga yang terjangkau loh guys. Salah satunya adalah Es Kopi Susu Keluarga.

Menurutku Es Kopi Susu Keluarga sendiri mempunyai rasa medium to strong. Rasanya sangat pas dilidahku. Perpaduan antara es, kopi, susu dan gula aren membuat es kopi susu ini menjadi sangat enak. Karena semua komponennya seimbang jadi tidak ada yang terlalu dominan sehingga rasanya menjadi legit menurutku. Harganya yang terjangkau membuat orang-orang banyak suka dengan minuman ini. 

Fyi, sekarang FamilyMart sudah menjual minuman mereka dalam varian 1 liter (khusus dibawa pulang) termasuk Es Kopi Susu Keluarga. Aku sendiri juga baru tau dari instagramnya FamilyMart. Kalau mau diminum rame-rame bagusnya kalian pesan saja yang 1 liter. 

Aku sangat merekomedasikan kalian untuk mencoba Es Kopi Susu Keluarga nya FamilyMart apalagi harganya murah mampus tapi rasanya enaknya gak ketolongan. Kalau lagi tanggal tua tapi masih pengen minum tinggal beli di FamilyMart karena semua varian minumanya sangat terjangkau.

Harga Es Kopi Susu Keluarga sendiri sekitar Rp. 14.000


2.  Foresthree


Yang kedua ada Foresthree. Coffeeshop yang dimiliki oleh aktor Deva Mahendra ini memiliki banyak menu baik coffee dan non-coffee yang bisa kalian coba dan rasanya enak - enak. Salah satu menu coffee yang bisa kalian coba adalah Es Kopi Susu.

Es Kopi Susu ini komposisinya terdiri dari espresso, susu dan gula aren. Dari segi rasa menurut aku kopinya sedang dalam arti tidak light tapi tidak berat juga. Mungkin ini dipengaruhi dari jenis kopi yang digunakan. Rasa manisnya juga pas menurut aku tetapi di Foresthree kalian bisa juga pesan Es Kopi Susu less sugar bagi yang tidak suka rasa yang terlalu manis. Rasanya yang sedang ini cocok di aku yang mempunyai riwayat maag sehingga aku bisa membelinya ketika waktu pagi, siang dan malam. Kalau kalian ke Foresthree jika tidak suka dengan kopi maka kalian bisa kalian coba menu non-coffee yang tak kalah enaknya seperti oreo n cream.

Harga Es Kopi Susu dibandrol sekitar Rp. 18.000,- 


3. Kopi Kenangan


Yang ketiga ada dari Kopi Kenangan. Kopi Kenangan sendiri mempunyai berbagai cabang di Indonesia. Mereka ini juga punya menu special yaitu, Kopi Kenangan Mantan. 

Kopi Kenangan Mantan kurang lebih sama seperti kopi susu gula aren pada umumnya. Rasa kopinya kalau menurut aku strong dan hampir mirip dengan Es Kopi Susu dari Janji Jiwa. Ini dikarenakan kopinya menggunakan jenis arabica (correct me if I wrong) sehingga menurut pendapatku rasanya juga agak asam. Meskipun begitu untuk aku yang punya riwayat maag ini masih dapat ku nikmati dengan baik. Perpaduan rasanya menurut aku pas banget bahkan kalau kalian pesan yang versi less sugar juga gak kalah enak kok. Jujur saja rasa dari Kopi Kenangan Mantan ini termasuk tipe minuman kopi yang aku suka, rasanya strong tapi gak bikin perutku tersiksa (maklum anaknya punya riwayat maag tapi suka sekali dengan kopi).

Harga Kopi Kenangan Mantan dibandrol sekitar Rp. 18.000,-


4. Janji Jiwa

Selanjutnya ada dari Kopi Janji Jiwa. Janji jiwa sendiri mempunyai berbagai cabang di Indonesia. Mereka juga menu spesial loh guys, yaitu Es Kopi Susu. 

Komposisi minuman ini kurang lebih sama seperti kopi susu gula aren pada umumnya. Rasanya sih menurutku dari segi kopi nya termasuk lumayan kuat dan hampir mirip seperti menu Kopi Kenangan Mantan dari Kopi Kenangan tetapi kedua kopi tersebut tentunya tidak sekuat starbucks dong ya. Rasa manisnya menurutku pas dan gak over gitu. Es Kopi Susu nya Janji Jiwa ini termasuk tipe minuman kopi yang aku suka sih, strong tapi gak bikin perutku tersiksa (maklum anaknya punya riwayat maag tapi suka sekali dengan kopi)

Harga Es Kopi Susu sendiri sekitar Rp. 18.000


5. Kedai Kopi Kulo


Yang terakhir dari Kedai Kopi Kulo. Kedai Kopi Kulo ini sendiri merupakan salah satu coffee shop yang terkenal di Indonesia. Mereka mempunyai beberapa cabang di Indonesia. Kedai Kopi Kulo sendiri juga mempunyai menu spesial mereka yaitu Es Kopi Kulo. 

Kombinasi antara kopi, susu dan gula aren membuat rasanya menjadi lebih creamy dan enak. Menurutku rasa kopinya ini termasuk ringan apabila dibanding kopi-kopi yang lainnya. Tetapi menurutku kalau kalian baru nyoba minum kopi ini bakalan cocok sih tapi kalau para coffee drinker yang suka rasa kopi yang kuat, menurut aku es kopi kulo agak kurang cocok di lidah kalian.

Harga Es Kopi Kulo sendiri sekitar Rp. 15.000

 

Demikianlah 5 Es Kopi Susu Gula Aren kali ini. Sebenarnya ada banyak sekali coffeeshop yang menjual varian ini tetapi karena keterbatasan waktu dan budget jadinya aku tidak mampu untuk menjelajah secara keseluruhan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mencoba es kopi susu gula aren.

Happy reading! :) 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments