Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Stay at Home Selama Virus Corona (Covid-19) Berlangsung

By Siti Shindy Revani - Maret 30, 2020

Virus Corona (Covid-19) pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, RRC pada bulan Desember 2019.  Virus Corona sendiri menyerang sistem pernapasan. Nama virus Corona sendiri merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Mengapa virus corona ini begitu membuat masyarakat dunia gempar? Karena penyebarannya yang sangat cepat dan tidak langsung terdeteksi pada hari itu juga. Menurut penelitian, gejala virus Corona sendiri muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona. Karena virus ini adalah jenis virus baru sehingga belum ditemukan obat yang bisa menyembuhan virus ini dan para peneliti sedang mencari obat terbaik agar penderita dengan virus ini bisa sembuh. 

Seiiring dengan berjalannya waktu virus ini semakin lama semakin memakan korban jiwa. Oleh karena itu perlu upaya agar penyebarannya tidak semakin luas. Salah satunya adalah dengan cara Stay at Home atau tetap di rumah dan tidak berpergian kalau tidak ada kegiatan yang mendesak. Memang cara Stay at Home merupakan langkah kecil tetapi pengaruhnya sangat besar apabila kita melakukannya bersama-sama.  Dengan cara ini kita dapat membantu dan meringankan beban para tenaga medis diluar sana yang kini tengah berjuang di garda terdepan untuk menyembuhkan pasien yang sudah positif terkena Virus Corona ini. 

Kali ini aku akan membahas 'Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Stay at Home selama Virus Corona (Covid-19) Berlangsung'. Yang pastinya kegiatannya bakalan seru serta bisa bermanfaat untuk kalian sendiri. 


1. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga



Selama ini kalian sibuk dengan pekerjaan atau belajar di sekolah? Maka saat Stay at Home ini gunakan kesempatan kalian untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Gunakanlah momen ini untuk memperat hubungan keluarga di rumah. Kalian bisa menghabiskan waktu bersama seperti bercerita tentang kegiatan yang dilakukan selama ini, nonton film bersama hingga memasak bersama. Hal-hal seperti ini belum tentu bisa kalian lakukan jika tidak Stay at Home bukan? Jadi gunakanlah kesempatan ini untuk lebih dekat dengan keluarga.

2. Work from Home (WFH) dan Study from Home (SFH)



Yang kedua adalah Work from Home (WFH) atau Study from Home (SFH). Setelah pemerintah menginstuksikan masyarakat untuk Stay at Home maka kegiatan ini bisa dilakukan. Pekerjaan kalian bisa diselesaikan dari rumah seperti deadline yang harus diselesaikan dan bisa melakukan video conference untuk meeting dengan rekan kerja ataupun klien. Untuk para pelajar dan mahasiswa kalian bisa belajar dari rumah dan biasanya tergantung kesepakatan metode belajarnya seperti ini. Bisa dengan cara memberikan sejumlah tugas essay, melalui grup whatsapp dan video conference untuk tatap muka. Dengan begitu kalian bisa melakukan kegiatan ini walaupun tidak seefektif ketika bertatap muka secara langsung. 

3. Memasak 



Kegiatan memasak menjadi pilihan yang baik selama Stay at Home. Karena kalian bisa mengasah skill memasak serta belajar resep baru dari internet. Selain bisa membuat perut menjadi kenyang, kalian juga bisa memasak bersama dengan keluarga tercinta. Dengan begini skill memasak kalian semakin meningkat dan kedekatan keluarga semakin erat. Kegiatan memasak ini tidak bisa kalian lakukan ketika kembali ke rutinitas bukan? Oleh karena itu kegiatan memasak tidak akan membuat kita mati bosan selama di rumah. 

4. Menonton Film



Biasanya kan kalian disibukkan oleh sejumlah kesibukan yang menyita waktu kalian. Nah kesempatan Stay at Home perlu kalian manfaatkan untuk menonton film. Misalnya kalian ingin menonton beberapa film tetapi tidak sempat untuk nonton maka ini lah saatnya untuk menonton film. Menonton film dapat membuat hari-hari kalian berlalu dengan cepat dan tidak membosankan. Selain itu jika kalian menonton di rumah bisa makan apapun dan bebas ngapain aja kan? Bagi kaum rebahan seperti aku   menonton film di rumah dengan suasana yang nyaman akan mampu membuat seseorang tidak akan berpikir untuk berpergian.

5. Bersih-bersih Rumah atau Makeover Kamar



Kesempatan Stay at Home dapat kalian manfaatkan dengan bersih-bersih rumah atau makeover kamar. Yang bisa kalian lakukan untuk hal ini yaitu bersih-bersih rumah, memilah-milah barang tak terpakai, makeover kamar agar tidak membosankan, membersihkan halaman rumah, mengurus hewan peliharaan hingga berkebun kecil-kecilan di rumah. Selain membuat rumah kalian menjadi lebih tertata, kegiatan ini juga mampu membuat kalian untuk menjadi produktif di rumah. Sehingga kegiatan ini tidak akan membuat kalian bosan di rumah.


6. Olahraga di rumah



Siapa bilang olahraga tidak bisa dilakukan di rumah? Tentu saja olahraga bisa dilakukan ketika di rumah terlebih untuk Stay at Home saat ini. Kalian bisa melakukan olahraga yang kalian suka di rumah. Misalnya seperti yoga, squat jump, sit up, push up, senam dan yang lainnya. Walau di rumah kalian tetap bisa membakar lemak kan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak berolahraga ya guys.

7. Melakukan Hobby



Yang terakhir untuk kegiatan Stay at Home adalah melakukan hobby. Ketika kalian disibukkan oleh sejumlah kesibukan tentu tidak ada waktu luang untuk menekuni hobby kalian. Oleh karena itu gunakan kesempatan Stay at Home kali ini untuk menekuni hobby kalian. Misalnya hobby memasak, bermain musik, menggambar, berkebun atau seperti aku yang akhirnya bisa menulis artikel di blog ini.

Demikianlah artikel kali ini. Semoga hal ini bisa menginspirasi kalian yang sedang Stay at Home untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan tidak perlu keluar rumah. Aku berharap semoga virus Corona ini segera berakhir dan bagi orang-orang yang berada di garda terdepan dalam menghadapi virus Corona, kalian adalah pahlawan yang sesungguhnya. Merelakan diri sendiri demi keselamatan banyak orang.

Happy reading guys dan jangan lupa mengunjungi artikel lain di blog ini ya guys! Hehehe

  • Share:

You Might Also Like

0 comments